Resume Materi PKKMB Fakultas


Resume Materi

Materi I
Narasumber: Marry Sunaryo, S.KM., M.K.K
Judul: Mahasiswa

Mahasiswa adalah seseorang yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi atau universitas untuk mendapatkan gelar akademik seperti sarjana, magister, atau doktor. Mereka biasanya mengikuti program studi tertentu dan aktif dalam kegiatan akademik dan sosial di kampus. Mereka sedang menjalani proses pendidikan yang melibatkan pengembangan pengetahuan dan keterampilan dalam berbagai bidang studi.

Selain itu, mahasiswa juga terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler, organisasi mahasiswa, dan berpartisipasi dalam kehidupan kampus. Mereka memiliki tanggung jawab untuk mencapai hasil belajar yang baik, menjaga integritas akademik, dan berkontribusi pada perkembangan intelektual dan sosial di lingkungan kampus.

Karakter yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa, yaitu percaya diri, kreatif, memiliki komunikasi yang baik, mampu berpikir kritis, inovatif, mampu berkerja sama, dan disiplin.



Materi II
Narasumber: Yauwan Tobing Lukiyono, S.S.T., M.T.
Judul: Sense of Belonging

Sense of Belonging (rasa memiliki) dalam sebuah kelompok atau organisasi. Sense of Belonging didefinisikan sebagai perasaan anggota kelompok atau organisasi bahwa mereka memiliki tempat dan identitas dalam kelompok tersebut. Ini adalah kebutuhan dasar manusia yang memengaruhi kesehatan mental, emosional, dan fisik. Sense of Belonging memotivasi anggota untuk berpartisipasi aktif dalam kelompok dan dapat menjadi kunci keberhasilan organisasi. Terdapat lima prinsip utama yang terkait dengan Sense of Belonging, seperti tanggung jawab, kepekaan, enterpreneurship, etos kerja yang tinggi, dan konsistensi.

Selain itu, cara membangun Sense of Belonging yaitu dengan cara membangun rasa percaya diri, menyamakan visi dan misi, proaktif dalam membangun budaya inklusivitas, dan memberikan manfaat kepada anggota. Membangun rasa produktif dan inovatif juga merupakan bagian penting dalam memperkuat Sense of Belonging.

Sense of Belonging memiliki banyak manfaat, seperti membentuk perilaku positif, etos kerja yang baik, citra organisasi yang positif, dan bahagia, serta mengurangi risiko kesehatan.



Materi III
Narasumber: Muhammad Ilham Rizqi Dermawan, S.TR., KKK
Judul: Mewujudkan Generasi Z yang Siap Bersaing Mewujudkan Generasi yang Lebih Baik

"Kita harus berani terlebih dahulu untuk menerima konsekuensi bukan berlindung diri sebagai pengecut di balik zona nyaman."

Gen Z adalah mereka yang tumbuh menjadi pribadi dengan karakteristik yang beragam, baik dari sisi hubungan interpersonal maupun akademis yang mempunyai sisi positif yaitu melek akan teknologi tak hanya itu, ada juga sisi negatif yaitu, terlalu bergantung pada teknologi, emosi yang cenderung labil, rentan kecanduan gadget, dan terburu-buru dalam mencapai sesuatu. 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

POST NEWS PRA 4 BToPH 2023